Dukung OBIT, Purbalingga Tanam Tiga Juta Pohon

Wabup Tanam serentak bersama Muspida dan masyarakat1

Sedikitnya tiga juta pohon ditanam di Purbalingga dalam mendukung gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon (OBIT) tahun 2013. Jumlah itu merupakan kegiatan penanaman yang bersumber dari berbagai program pemerintah maupun dukungan sejumlah perusahaan dan masyarakat.

 

“Semuanya berjumlah 3.013.237 batang bibit pohon. Termasuk dukungan bantuan bibit dari sebelas perusahaan kayu di Purbalingga. Dari mereka terkumpul 148.500 bibit,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Dintanbunhut) Ir Lily Purwati, di sela-sela pencanangan OBIT dan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTPP) tingkat kabupaten Purbalingga, di lapangan Desa Maribaya Kecamatan Karanganyar, Rabu (11/12).

 

Menurut Lily Purwati, pencanangan gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon atau One Billion Indonesian Trees (OBIT), dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian berbagai pihak akan pentingnya penanaman dan budaya memelihara pohon berkelanjutan.

 

Gerakan ini, lanjut Lily, perlu digalakan sebagai upaya mengurangi pemanasan global dan mencapai pembangunan Indonesia yang bersih. Termasuk mendukung mewujudkan Jawa Tengan Ijo Royo Royo, termasuk di Kabupaten Purbalingga.

 

“Kepada perusahaan yang telah berpartisipasi kami sangat berterima kasih. Harapannya tahun depan semakin banyak perusahaan yang peduli. Termasuk perusda Owabong dan PDAM yang tahun ini belum terlibat,” tandasnya.

 

Sementara, Wakil Bupati Drs H Sukento Ridho Marhaendrianto MM meminta para penerima program bantuan  sosial untuk melaksanakan kegiatannya sesuai dengan aturan yang ditentukan. Pemda melalui Dintanbunhut, harus mengawal program itu, karena jumlah bantuan yang disalurkan untuk pertanian luar biasa banyaknya, mencapai puluhan miliar rupiah.

 

“Intinya, saya tidak mau Kejaksaan Negeri yang mengawal. Harus kita yang kawal. Karena dana dari pusat bisa jadi dari pinjaman yang harus kita pertanggungjawabkan penggunaanya,” ucap Wabup.

 

Pencanangan OBIT dan GPTPP, ditandai dengan penanaman pohon di pinggir lapangan desa setempat oleh Wabup, Ketua TP PKK Kabupaten, Forum Kordinasi Pimpinan Daerah, para penyuluh pertanian dan komponen masyarakat kecamatan Karanganyar.

 

Kesempatan itu juga diterimakan secara simbolis berbagai kegiatan Dintanbunhut dalam rangka peringatan hari menanam pohon Indonesia (HMPI), bulan menanam nasional (BMN) dan gerakan perempuan tanam dan pelihara pohon GPTPP) tahun 2013.

 

Wabup juga berkesempatan meresmikan Sekretariat Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Manggala Tani desa Maribaya dan Balai Penyuluh Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kecamatan Karanganyar. (/Hr)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *