ASOSIASI PETANI TEMBAKAU INDONESIA CABANG PURBALINGGA ADAKAN MUSCAB

PURBALINGGA #sedulurtani. Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) merupakan organisasi dengan tujuan untuk memfasilitasi petani tembakau dengan melakukan berbagai upaya pemberdayaan petani, namun demikian pemberdayaan petani tembakau mengalami kemandegan terutama setelah banyak kebijakan yang tidak pro petani tembakau, sampai dengan kehidupan masyarakat Indonesia yang mulai terlihat individualistik.

Di Kabupaten Purbalingga, petani tembakau sempat mengalami kejayaan terutama pada tahun 80 an, ketika perusahaan yang legendaris bernama Gading Mas Indonesia Tembakau (GMIT) masih berdiri, tembakau masih menjadi komoditas yang dapat diandalkan. Namun demikian dengan berjalannya waktu kejayaan tersebut kian surut. Jumlah petani tembakau semakin sedikit.

Dalam rangka upaya mengangkat kembali tembakau sebagai komoditas yang mempunyai nilai ekonomi, termasuk petani tembakau sebagai pelaku utama budidaya tembakau, APTI Cabang Purbalingga menyelenggarakan Musyawarah Cabang yang dilangsungkan di aula kantor Dinas Pertanian Purbalingga pada hari Sabtu (14/3). Hadir pada kegiatan tersebut para petani tembakau dari Desa Kutabawa dan Desa Serang Kecamatan Karangreja, serta dari Desa Karangaren, Limbangan dan Desa Karangreja Kecamatan Kutasari. Kepala Dinas Pertanian Purbalingga, Mukodam, S.Pt yang didampingi Kabid Perkebunan dan Hortikultura Supriyanto, A.Md, dalam sambutannya menyambut baik dilaksanakannya Muscab tersebut, dan mengharapkan agar organisasi APTI dapat berperan aktif membina para petani tembakau di Purbalingga.

Terpilih sebagai pengurus baru hasil Muscab adalah Masirin sebagai ketua, Fahrudin Siswandi sebagai wakil ketua, sekretaris Amin Muntoha, dan bendahara Tohani. Mereka dibantu oleh beberapa biro (SubbagPP).
#petanimilenial
#pertanianmasuksekolah
#penyuluhsahabatpetani
#dinpertanpurbalingga
#purbalinggamemikat
#jatenggayeng
#kostratani
#kementerianpertanianRI
#pertanianmajumandirimodern

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *