cara pemupukan tomat servo f1

dosis pupuk yang tepat untuk menanam tomat servo hasil 5 kg / batang.

  1. cara pemupukan pertama ( 10 hst ) lakukan pengocoran pupuk tanaman tomat servo dengan pupuk dosis sebagai berikut : npk 16 : kno3 merah : calsium cng : magnesium sulfat dan supernasa dengan perbandingan 1 kg : 500 gr : 200 gr : 100 gr : 4 botol dalam 1 drum
  2. cara pemupukan kedua ( 20 hst ) lakukan pengocoran pupuk tanaman tomat servo dengan pupuk dosis sebagai berikut : npk 16 : kno3 merah : mkp : magnesium sulfat dan supernasa dengan perbandingan 3 kg : 1 kg : 500 gr : 100 gr : 4 botol dalam 1 drum
  3. cara pemupukan ketiga ( 30 hst ) lakukan pengocoran pupuk tanaman tomat servo dengan pupuk dosis sebagai berikut : npk 16 : kno3 putih : mkp : zk : magnesium sulfat : borat dan supernasa dengan perbandingan 4 kg : 1 kg : 500 gr : 500 gr : 250 gr : 250 gr : 4 botol
  4. cara pemupukan keempat ( 40 hst ) lakukan pengocoran pupuk tanaman tomat servo dengan pupuk dosis sebagai berikut : npk 16 : kno3 putih : mkp : zk : magnesum sulfat : borat ,supernasa dan powernutrition dengan perbandingan 5 kg : 1 kg : 500 : 500 gr : 250 gr : 250 gr : 4 botol : 4 botol
  5. cara pemupukan selanjutnya dilakukan interval 7 hari sekali dengan dosis pupuk seperti pemupukan ke empat . pemupukan harus tetap di lakukan walau sudah panen.

catatatan: untuk pnyemprotan pupuk cair poc nasa ,hormonik & aero 810 di lakukan seminggu sekali dengan takaran 4 tutup poc nasa,2 tutup hormonik dan 1/2 tutup aero 810 / tangki semprot kapasitas 16 liter

cara penyemprotan

penyemprotan dengan menggunakan poc nasa , hormonik & aero810 akan lebih efektif dan cepat meresap ke tanaman bila di semprotkan ke bawah daun , karena letak stomata daun ada di bawah daun. waktu yang bagus untuk penyemprotan pupuk di atas di waktu pagi hari.

  • penyulaman tanaman tomat servo panah merah

langkah penyulaman tanaman di maksudkan untuk mengganti tanaman kecil yang mati atau kerdil karena tertinggal pertumbuhannya karena adanya serangan hama serta penyakit. penyulaman tanaman saat menanam tomat servo cap panah merah harus di lakukan sedini mungkin, biasanya kami melakukan maksimaql 10 hari setelah tanam. penyulamam sedini mungkin di maksudkan agar tanaman tidak mengalami ketertinggalan.

  • penyiangan gulma saat menanam tomat servo panah merah

tanaman tomat yang ada di lahan akan banyak di tumbuhi oleh rumput liar yang mengganggu tanaman tomat. penyiangan rumput perlu di lakukan sedini mungkin agar tidak menggaggu tanaman utama. titik kritis umur tanaman tomat adalah 20 – 45 hari setelah tanam.

penyiangan rumput juga di maksudkan gar tidak di gunakan sebagai inang hama terutama yang menyebabkan serangan virus. penyiangan selanjutnya di sesuaikan dengan tingkat pertumbuhan rumput yang ada di sekitar tanaman.

penyiangan dapat di lakukan secara manual dengan cara mencabut rumput atau dengan menggunakan alat seperti cangkul dan sabit. hati – hati apabila ingin melakukan penyiangan dengan menggunakan obat pembasmi rumput.

  • pewiwilan tunas air saat menanam tomat servo

pewiwilan tunas air saat menanam tomat servo harus di lakukan sedini mungkin. jangan menunggu tunas air besar sehingga mengganggu batang utama. karena tomat servo jenisnya adalah tomat semideterminate maka pewiwilan tunas air hanya di lakukan terhadap tunas air yang berada di bawah cabang y. pewiwilan tanaman tomat juga bertujuan

  • pengurangan buah per tandan saat menanam tomat servo

pengurangan tomat dalam tandan tanaman perlu di lakukan saat budidaya tanaman tomat servo agar di peroleh hasil buah besarnya seragam. idealnya buah per tandan adalah 5 – 6 buha per tandan. kalau per tandan lebih dari itu maka sebaiknya buah di kurangi selagi masih kecil.

  • pengairan saat menanam tomat servo panah merah

pengairan dalam menanam tomat servo ini di maksudkan agar tanaman tercukupi kebutuhan air nya selama penanama tomat. kekurangan air akan menyebabkan gannguan pertumbuhan tanaman tomat antara lain : kerdil, layu, serangan penyakit serta hasil panen kuramg maksimal. pengairan yang terlambat menyebabkan penyerapan pupuk dasar menjadi terlambat dan susah untuk di serap tanaman.

  • pengendalalian hama dan panyakit tomat

hama yang sering menyerang tanaman tomat adalah : ulat grayak, penggerek biji, ulat bunga, lalat buah serta kutu ( mite dan mizus ). dari yang saya sebutkan di atas yang perlu mendapatkan pemantauan serius adalah kutu mite dan kutu kebul. kedua kutu tersebut adalah penyebab tanaman kacang panjang terserang virus ( kuning ). kerusakan yang di akibatkan oleh adanya serangan gemini virus.

penyakit yang banyak menyerang tanaman tomat adalah layu yang di sebabkan oleh serangan jamur dan bakteri. kedua penyakit tersebut sebaiknya di lakukan pencegahan. cara pencegahan dan mengatasi tanaman layu jamur dan bakteri adalah dengan menggunakan glio.

obat jamur glio ini sudah banyak di pakai oleh petani di seluruh indonesia dan di kenal ampuh dalam mencegah dan mengatasi layu tanaman.

  • panen tomat servo cap panah merah hasil 5 kg

saat yang di tunggu – tunggu adalah waktu panen tomat. tomat servo dapat dilakukan pertama kali panen saat tanaman berumur 70 hari setelah tanam. ciri – ciri tomat yang bisa di panen adalah yang sudah berwarna merah mengkal. interval panen tomat sayur dapat di lakukan 5 hari sekali. waktu panen yang tepat saat pagi hari maximal sampai jam 10 dan sore hari.

 

demikian artikel berjudul “cara menanaman tomat servo hasil 5 kg per batang ” kami tulis. penulis berharap tulisan ini tidak hanya sebagai bahan bacaan saja. semoga yang mau aplikasi cara budidaya yang saya tulis ini bisa memperoleh hasil berlipat atau bahkan kalau perlu bisa menyempurnakan tulisan saya sehingga hasilnya bisa lebih tinggi.

You may also like...

1 Response

  1. Ogut says:

    Trimkasi sudah memenangi tipsnya
    Mungkin ada produk kmi bisa pesan kh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *