KADIN KUNJUNGI KEGIATAN UPPO DESA WANOGARA KULON

REMBANG #sedulurtani. Untuk mengembangkan pertanian padi yang menguntungkan dengan basis organik, pada tahun 2017, Kementerian Pertanian melanjutkan pengembangan Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO). UPPO dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian melalui perbaikan kesuburan lahan. Di Kabupaten Purbalingga, Kepala Dinas Pertanian Purbalingga telah menetapkan Desa Wanogara Kulon sebagai salah satu penerima kegiatan. Terkait dengan hal tersebut kemarin Senin (9/3) Kepala Dinas Pertanian Purbalingga mengunjungi Kelompok Tani Mardi Utama Desa Wanogara Kulon untuk mengetahui perkembangan kegiatan UPPO. Pada kesempatan tersebut Kadin didampingi oleh Kepala BPP Rembang, Nurohman, SP dan beberapa penyuluh wilayah binaan di Kecamatan Rembang.

Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO) merupakan fasilitas yang dilengkapi dengan: rumah kompos, alat pengolah pupuk organik, ternak, kandang komunal, bak fermentasi dan kendaraan roda 3. Tujuan dari kegiatan UPPO, yaitu : (1) Menyediakan fasilitas terpadu pengolahan bahan organik (jerami, sisa tanaman, limbah ternak, sampah organik) menjadi kompos (pupuk organik); (2) Mengoptimalkan pemanfaatan limbah kotoran hewan yang dimiliki kelompok peternak sebagai bahan baku kompos (pupuk organik); (3) Membantu petani dalam memenuhi kebutuhan pupuk organik insitu, oleh dari dan untuk petani; (4) Mensubstitusi kebutuhan pupuk an-organik; (5) Memperbaiki kesuburan dan produktivitas lahan pertanian; (6) Meningkatkan populasi ternak; (7) Membuka kesempatan berusaha dan lapangan kerja di pedesaan; (8) Media pelatihan dan penelitian bagi berbagai kalangan masyarakat, termasuk petani, mahasiswa dan karyawan; (9) Melestarikan sumberdaya lahan pertanian dan lingkungan.

Kepala Dinas Pertanian Purbalingga, Mukodam, S.Pt nampak puas dengan progres yag dicapai oleh Poktan Mardi Utama. Menurutnya saat ini Sapi yang dipelihara sudah besar besar, sehat dan sudah mulai di IB. “Bahkan ada yang sudah beranak satu, sehingga kelompok ini dapat dinilai berhasil” Terangnya. ” Pupuk organik yang dibuat juga sudah mulai dibeli oleh petani, dan ini secara langsung akan mengurangi penggunaan pupuk anorganik” Tambah Mukodam penuh semangat. {SubbagPP).
#petanimilenial
#pertanianmasuksekolah
#penyuluhsahabatpetani
#dinpertanpurbalingga
#purbalinggamemikat
#jatenggayeng
#kostratani
#kementerianpertanianRI
#pertanianmajumandirimodern

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *