Penyerahan Alsintan, UPPO dan AUTP, BUPATI PURBALINGGA APRESIASI KINERJA INSAN PERTANIAN

PURBALINGGA #sedulurtani. Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga, hari Selasa (16/11) kembali menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian berbagai jenis seperti Traktor Roda 4 (TR4), Traktor Roda 2 (TR2), Cultivator,. Cornsheller, Pompa Air, Hand Srayer Elektrik dan lain lain sebanyak 101 unit senilai hampir 2 milyar rupiah. Bantuan diserahkan kepada 59 Kelompok Tani penerima di gedung UPTD Perbenihan Mewek.
Selanjutnya diserahkan pula 9 Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) senilai 1,8 miliar rupiah dan Polis Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) yang mengcover 3100 ha sawah yang ada di Kabupaten Purbalingga.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE, B.Econ. MM didampingi Kepala Dinas Pertanian Purbalingga Mukodam, SPt, para pejabat terkait, Kepala Cabang PT Jasindo dan Tenaga Ahli anggota DPR RI Ir KRT Darori Wonodipuro.

Kepala Dinas Pertanian menjelaskan bahwa sektor pertanian dihadapkan pada kondisi riil bahwa jumlah penduduk bertambah tapi lahan pertanian semakin berkurang. Maka upaya riil yang bisa dilakukan pemerintah adalah bagaimana dengan lahan yang sedikit produktivitasnya bisa dipertahankan atau ditingkatkan. Penggunaan mesin pertanian adalah sebuah keniscayaan yang harus dilakukan pada saat ini.

Dalam sambutan pengarahannya Bupati Purbalingga mengapresiasi kinerja Dinas Pertanian, Balai Penyuluhan Pertanian beserta para penyuluhnya serta para petani yang tetap bersemangat berproduksi meski ditengah pandemi.
Bupati berpesan agar Alsintan yang diberikan dapat dipergunakan dengan baik. “Karena bantuan ini memperjuangkannya sulit, saya titip untuk bagaimana alat alat ini digunakan sebaik baiknya, aja ngasi mangkrak. Saya titip dijaga betul-betul aja nganti mubah, dan saya berharap bantuan-bantuan yang diberikan oleh pemerintah bisa meningkatkan produktivitas pertanian di Purbalingga,” Terang Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM, Bupati Purbalingga.

Salah satu penerima bantuan, Kuswanto, Ketua UPJA Makmur Tani Desa Pelumutan Kecamatan Kemangkon mengucapkan terimakasih atas bantuan tersebut. Sementara itu Kasi Perbenihan dan Perlindungan Tanaman Pangan Alimi, STP menambahkan bahwa UPJA Makmur Tani sebagai unit pengelola jasa alsintan akan melayani kebutuhan petani untuk mengolah sawah di wilayah Kecamatan Kemangkon dan sekitarnya.
Selamat, semoga bermanfaat, dan seperti pesan Bupati agar Alsintan tersebut jangan sampai mangkrak dan rusak tanpa digunakan. Lebih lengkap silahkan disimak video berikut. (Bidang TP/SubagPP).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *