Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier Di Desa Condong Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga

Desa Condong di Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga memiliki luas sawah 114.86 Ha dengan komoditas utama padi dan jagung sayangnya ada sekitar 60 Ha lahan yang belum maksimal dalam budidaya komoditas tersebut dikarenakan jaringan irigasi tersier yang menjadi andalan petani telah rusak. Menindaklanjuti masalah ini Paguyuban Petani Pengguna Air (P3A) Tirta Sejahtera mengadakan musyawarah dan mengusulkan agar jaringan irigasi diperbaki.

Penyuluh Pertanian bersama P3A kemudian melakukan inventarisasi kebutuhan rehab jaringan irigasi tersier dan membuat usulan ke Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga agar segera dilakukan perbaikan. Usulan ini teralisasi pada bulan Juli 2019 dengan dimulainya rehab dengan anggaran sebesar 66 jt secara swakelola, dengan swakelola oleh petani, jaringan irigasi tersier yang direhabitasi umumnya akan lebih bagus dan petani merasa lebih memiliki. Kita membangun secara bertahap berdasarkan kebutuhan masyarakat petani, pekerjaan ini dilakukan secara swakelola agar tepat sasaran dan mampu menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya bagi warga desa setempat. warga secara swadaya menyediakan keperluan untuk membantu rehab jaringan irigasi ini.

Pada bulan Agustus rehab jaringan irigasi telah selasai dilaksanakan dari target 100 meter menjadi 189 meter menyesuaikan dengan kondisi lahan dan kebutuhan petani, diharapkan dengan selesainya pembangunan ini index pertanaman petani minungkat dari 200 ke 300 dari yang dulunya padi-jagung-bero menjadi padi-jagung-palawija dan pada akhirnya kesejahteraan petani dapat meningkat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *